Huff.. Baru juga pertama kali mau jualan di FB, eh malah apes.
Awalnya dr bbm-an dengan salah satu teman, dia iseng ngajakin aku jualan paket kristik import sistem PO. Berhubung ajakannya mendukung banget dengan hobi aku (baca: beli kristik :D), jd aku sambut dgn sukacita. Syaratnya, dia yg marketing-in, secara aku plg ga ahli dlm hal pemasaran. Jd aku mulai bikin account FB baru (biar bisa share makenya), edit² foto utk masukin keterangan², upload² ke FB. Dan orderan mulai berdatangan, sampe teman aku takut over-quota, jdnya PO ditutup lbh cepat dr rencana semula.
Setelah DP ditransfer semua, aku masukin orderan. Eh dasar kyknya emang ga diridhoi, transaksi gagal trs. Biasanya setelah gagal transaksi, cs HSBC bakal nelpon aku konfirmasi pemakaian kartu kredit untuk belanja dr website luar. Eh kali ini ga ditelponi. Aku coba telp ke bbrp kali ke HSBC, tp ga tersambung ke cs. Pencet ini pencet itu, telp diakhiri. Nyoba lagi, terdengar ocehan mesin, trs mati. Setelah 3x nyoba ga berhasil jg, aku kirim message via websitenya. Ga dibales. Ngirim lg yg nadanya mulai sinis, baru deh dibales.(Ocehan tentang HSBC ntar di-post terpisah).
Akhirnya aku pake kartu kredit hubby dr bank lain, lgsg berhasil. Emang sih rada ga aman yah kl lgsg berhasil gitu, tp yah apa bole buat. Dpt email konfirmasi dr website tsb, diksh info tgl pengiriman kloter 1 sehari stlh transaksi. (Berhubung belanjaan kali ini lumayan bnyk, pengiriman dibagi jd 5 kloter.)
Setelah sekitar 12 hari, dtg kiriman kloter 2 yg dikirim 2-3 hari stlh kloter 1. Sedangkan barang kloter 1 blm nyampe. Kira² seminggu kmdn, brg kloter 3 dan 4 nyampe (Sabtu). Dan Seninnya barang kloter 5 tiba dgn selamat. Dan barang kloter 1 benar² raib ga jelas rimbanya.
Aku coba lacak di website pos indonesia, ga terdeteksi. Aku kirim email ke pos indonesia, stlh 2 hari baru dpt balesan, yg singkatnya mereka blm terhubung dengan jasa USPS (United States Postal Service, kl ga salah itu sejenis jasa pos di amrik), jd ga bisa dilacak keberadaan paketnya. Malah disuruh hubungi kantor pos di Jakarta. Barang blm tentu ketemu, hrs nelpon SLJJ, dan udh pst bakal lama nelponnya. Bisa² makin tekor dah.
So, berhubung udh 3 minggu sejak paket tsb dikirim, aku udh mulai hopeless. Karena stlh bbrp kali order dr website ini, selama ini barangnya nyampe sekitar 10-12 harian (termasuk Sabtu-Minggu). Jadinya aku mulai balikin duit customer² yg barangnya ada di paket raib tsb. Yah namanya jg OS baru, ntar malah dicurigain mau nipu.
Selain paket yg dr Amrik, ada 1 lg paket dr UK yg dikirim beda bbrp hari, dan smp skrg jg blm nongol tuh paket. Bener² apes deh, mana barangnya kebnykan titipan teman lagi. T__T
0 comments:
Post a Comment